Prosedur Memperpanjang STNK Di Kuwait

Ngurus perpanjangan STNK di Indonesia sudah biasa dan kurang terasa geregetnya dibanding kalau kita harus ngurus sendiri di luar negeri, khususnya Kuwait. Apalagi di Indonesia banyak sekali biro biro jasa yag bisa membantu menguruskan semuanya sampai beres, baik dengn syarat syarat lengkap maupun model tembak langsung kalau syaratnya tidak lengkap.

Di Kuwait, ngurus perpanjangan STNK lumayan bikin pusing kalau belum pernah melakukan sama sekali. Disini tidak ada biro jasa yang jelas jelas mengatakan bisa menguruskan perpanjangan STNK, yang ada adalah bisik bisik dengan kawan yang sudah tahu cara ngurus STNK dengn cara instant. Tidak mudah mencari orang yang bisa ngurus cara kilat seperti ini, tetapi jelas ‘ada’. Saya tidak ajarkan cara instant ini, yang akan saya tunjukkan adalah cara resmi agar kita tidak khawatir ditangkap pak polis diluar negeri.

.

.

Langkah pertama, bayar asuransi tahunan mobil anda di kios kios asuransi yang banyak bertebaran di Kuwait seperti Fahaheel, Mangaf, Hawally dan lain lain. Ada beberapa macam / jenis asuransi mobil :

  • Liability Insurance (Hanya mengcover kerusakan pada 2nd party). Besar biayanya sekitar KD 19 – 20 / tahun, tergantung ‘Harga Jual’ dan umur mobil anda.
  • Liability Plus (Meng cover kerusakan pada 2nd party plus ada kemudahan kemudahan lainya, seperti: Derek, ganti ban mobil, kerusakan kecil, dll). Biayanya sekitar KD 4-5/ tahun lebih mahal dari harga Liability Insurance diatas.
  • Full Coverage Insurance yang mencakup kerusakan kedua belah pihak (1st dan 2nd parties). Besar biayanya sekitar KD 200 – 300 / tahun, tergantung ‘Harga Jual’ dan umur mobil anda.

Ada beberapa perusahaan asuransi yang tersedia, misal Takaful, Gulf Insurance dan masih banyak lagi. Untuk wilayah Fahaheel-Mangaf dan Ahmadi Umumnya perusahaan tsb berada disekitar KFC-Fahaheel dan belakang Gulf Bank Fahaheel atau disekitar Sultan Center Mangaf. Ada juga di complex pertokoan samping Mughal Style Restorant – Shopping Centre, Ahmadi. Pengalaman penulis menunjukkan kalau karyawan KOC yang ambil asuransi mobil ke Gulf Insurance akan diberi discount 15%.

Sebelum proses berlanjut, cari informasi di web : http://www.moi.gov.kw/ untuk melihat apakah kita pernah punya pelanggaran “Lalin” di Kuwait dan berapa besar dendanya. Beresin dulu jika memang ada tunggakan denda  pelanggaran “Lalin”. Disini kalau kita melanggar lalu lintas, STNK atau SIM tidak dibawa lari polisi dan kita harus ngikuti polisi dibelakangnya menuju ketempat sepi, tetapi si polisi cukup mencatat nomor mobil kita dan ninggali surat tilang dikaca mobil, tahu tahu ketahuan saat perpanjangan STNK tunggakan denda Lalin sudah bertumpuk.

Langkah kedua adalah Pengecheckan Mesin Mobil. Proses ini berlangsung disekitar kantor polisi. Di Ahmadi, samping ‘Police Office’, tidak jauh dari Al-Tameer building, dimana terdapat pagar pembatas yang arogan bagi peserta ujian SIM. Berikut adalah langkah langkahnya :

  • Pengecheckan dokumen asuransi mobil dan pengeckeckan ‘Registration paper’. Dalam proses ini mobil kita diharuskan dalam kondisi bersih luar dan dalam, termasuk ruang mesin. Proses ini berlangsung singkat saja. Kitapun masih berada duduk di-dalam mobil tanpa keluar.
  • Proses berikutnya adalah pemeriksaan mesin mobil. Untuk memastikan apakah mobil masih layak jalan dan bodi mobil masih utuh, tidak membahayakan yang lainnya jika mobil berjalan. Proses ini berlangsung singkat saja. Kitapun masih berada duduk di-dalam mobil tanpa keluar dari mobil.
  • Proses berikutnya adalah pemeriksaan document akhir. Apakah dokumen mobil lengkap atau kurang, lalu ditanda tangani dan dicap jika semua dokumen OK. Proses ini berlangsung singkat saja. Kitapun masih berada duduk di-dalam mobil tanpa keluar dari mobil.

 

Proses berikutnya kita menuju kebelakang ‘Police Office’ Ahmadi (Muter 270 derajat). Mobil sebaiknya kita parkir di “Parking Lot” yang tersedia di-samping Immigration Office, lalu jalan kaki kekantor STNK yang berada agak kebelakang, lokasi nyelip dan dipageri kawat berwarna biru. Disitu kita langsung keloket yang dijagain seorang pria Arab, tampaknya Kuwaiti dan tunjukkan saja dokumen dokumen yang sudah ditanda tangani dan dicap pada proses sebelumnya. Kita disuruh beli stamp seharga KD 5, lalu disuruh duduk dikursi yang tersedia. Tidak lama kemudian kita dipanggil dan disodori STNK yang baru.

Mumet ? Jangan kuatir kalau yang ngurus ‘Madame’ semua terasa lancar dan mudah. Orang Arab sangat menghargai wanita dan selalu memprioritaskan wanita dalam soal ngantri. Atau mungkin juga mereka terkesan wajah ‘Indo’ saya (Note : baca Indonesia bukan Indo keturunan Melayu - Bule lho).

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *