Mata Uang Dan Nilai Tukar

Mata uang Kuwait adalah Kuwaitu Dinar atau biasa disingkat KD dimana KD 1 sama dengan 1000 fils. Pecahan kecil KD terdiri dari mata uang logam 5, 10, 20, 50 dan 100 fils. Dan mata uang kertasnya terdiri dari pecahan ¼, ½, 1, 5, 10 dan 20KD.

Pada awal tahun 2008, KD 1 setara dengan Rp 34.700, tetapi pada awal tahun 2009 satu KD sudah mencapai Rp 38.900, bisa dibayangkan kalau kita bawa beberapa lembar KD saja di dompet, sebenarnya yang kita kantongi setara dengan jutaan rupiah. Dan disamping itu juga kita bisa melihat betapa kuatnya mata uang KD dan betapa rentannya mata uang Rupiah.

Tempat penukaran uang banyak tersebar dimana mana termasuk juga tempat tempat pengiriman uang. Pada akhir bulan atau pada saat gajian umumnya tempat tempat pengiriman uang ramai sekali. Beberapa yang sangat terkenal adalah Al Mulla Exchange, Dollarco Exchange, BEC, dan lain lain. Pengiriman uang sangat cepat dan effisien termasuk formulir pengiriman yang ringkas dan sederhana, Western Union sangat dominan sebagai sarana yang paling banyak dipakai untuk pengiriman uang. Biaya jasa pengiriman uang ke Indonesia melalui Western Union sekitar KD 2 per KD 290 yang dikirim. Selain itu ada juga Autogram atau yang lainnya dan biasanya masing masing system mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing, misal nilai kurs.

Pengiriman melalui bank sedikit lebih mahal tetapi nilai tukarnya biasanya lebih baik. Pengiriman uang dengan jumlah banyak sekaligus sebaiknya dihindari, karena proses pengambilan di Indonesia kemungkinan akan jadi sulit karena dikira ‘money launderring’. Kalau pengiriman di Kuwait sendiri sebenarnya cukup sederhana, untuk jumlah tertentu cukup menunjukkan Civil ID saja dan kalau belum punya civil ID cukup dengan passport saja.

Beberapa bank yang melayani pengiriman uang secara online diantaranya adalah :
NBK
BKME
Gulf Bank
Burgan Bank
Tetapi, untuk karyawan PMCM – Perusahaan Minyak Cap Manuk atau lebih kerennya KOC (karena suami kerja di situ, jadi taunya hanya Gulf bank) dianjurkan untuk menggunakan Gulf Bank saja karena bank ini telah menjalin kerjasama dengan PMCM. Setiap bulan gaji karyawan PMCM akan otomatis masuk dalam acoount Salary Plus Gulf Bank. (by: Susy )


Baca Juga :

Related posts:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *